Cover Image

KAJIAN VISUAL WEBTOON “SAVE ME”

Trisna Andriyanti, Adek Cerah Kurnia Azis

Abstract


Online comics are very beneficial for fans of comic readers because they can save costs compared to comics in print media and also have a wider reach. Webtoon is a comic that can be enjoyed online in the form of a website or application. The purpose of this study is to study Webtoon Save Me in terms of its visual elements, namely character design, facial expressions and body language, where Webtoon Save Me is a comic with the South Korean comic depiction style which may have several things that are different or not in accordance with the style. comic depictions of other countries. So the writer will compare the visual elements of comics, namely character design, facial expressions, and body language, by using Scott McCloud's theory where Scott McCloud is a comic artist with an American comic style of depiction. The method to be implemented in this study is a qualitative descriptive method with an evaluative approach. The sample used is the census method or total sampling for data from all 16 episodes of Webtoon Save Me. The researcher chose the research location at the Fine Arts Gallery, Medan State University. Data processing begins with analyzing objects and classifying the visual comic elements (character design, facial expressions and body language) in Webtoon Save Me by the assessment team, then the researcher describes all the results of the assessor's assessment. Webtoon Save Me already has a good visual review in comparison to Scott McCloud's theory, judged by character designs that already display visual differences, while judging by facial expressions that already show emotions according to the right context even though they lack depth, and judged by body language that has enough to master a variety of body signals and body anatomy.

Keywords: webtoon, comic visual, Scott McCloud.


Abstrak

Komik online sangat menguntungkan bagi para penggemar pembaca komik karena dapat  menghemat biaya dibanding komik pada media cetak dan juga memiliki jangkauan yang lebih luas. Webtoon merupakan salah satu komik yang dapat dinikmati online dalam bentuk website atau aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah pengkajian Webtoon Save Me dari segi unsur visualnya yaitu Desain karakter, Ekspresi wajah dan Bahasa tubuh, dimana Webtoon Save Me merupakan komik yang beraliran dengan gaya penggambaran komik Korea Selatan yang mungkin memiliki beberapa hal-hal yang berbeda atau tidak sesuai dengan gaya penggambaran komik dari negara lainnya. Maka penulis akan membandingkan unsur visual komik yaitu Desain karakter, Ekspresi wajah, dan Bahasa tubuh, dengan menggunakan teori dari Scott McCloud dimana Scott McCloud merupakan komikus yang beraliran dengan gaya penggambaran komik Amerika. Metode yang akan dilaksanakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan evaluatif. Sampel yang digunakan adalah metode sensus atau sampling total untuk data dari seluruh episode Webtoon Save Me yang berjumlah 16 episode. Peneliti memilih lokasi penelitian di Gallery Seni Rupa,  Universitas Negeri Medan. Pengolahan data diawali dengan menganalisis objek serta mengklasifikasikan unsur visual komik (desain karakter, ekspresi wajah dan bahasa tubuh) yang ada pada Webtoon Save Me oleh tim penilai, lalu peneliti mendeskripsikan dari seluruh hasil penilaian penilai. Webtoon Save Me sudah memiliki kajian visual yang baik pada perbandingan dari teori Scott McCloud, dinilai berdasarkan desain karakter yang sudah menampilkan perbedaan rupa, sementara dinilai dari ekspresi wajah yang sudah memperlihatkan emosi sesuai konteks yang tepat walaupun kurang mendalami, dan dinilai dari bahasa tubuh yang sudah cukup menguasai beragam sinyal tubuh dan anatomi tubuh.


Authors:

Trisna Andriyanti : Universitas Negeri Medan

Adek Cerah Kurnia Azis : Universitas Negeri Medan


Full Text:

PDF

References


Darmawan, H. (2012). How To Make Comic (Menurut Para Master Komik). Plotpoint.

Francis, D. K. C. (1990). Drawing (Acreatif Process). A VNR Book.

Hartosujono. (2017). Eksplorasi Kepakaan Dewasa Awal Terhadap Ekspresi Wajah Anak. Jurnal Psikologi Insight. 1(1), 14-24. https://ejournal.upi.edu/index.php/insight/article/download/8441/5298

Johana, E. P. (1995). Mengenal Emosi Melalui Komunikasi Nonverbal. Jurnal Psikologi. 3(1), 27-43. https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/13384

Koendoro, D. (2007). Yuk, Bikin Komik. DAR! Mizan.

Masdiono, T. (1998). 14 Jurus Membuat Komik. Creativ Media.

Reiza, D. D. (2012). Rekonstruksi Sejarah Seni dalam Konstruk Sejarah Visual. Jurnal Seni Budaya. 22(4), 1-16. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/64

Scott, M. (2007). Membuat Komik (Rahasia Bercerita dalam Komik, Manga dan Novel). PT Gramedia Pustaka Utama.

Scott, M. (1994). Understanding Comic (The Invisible Art). Harper.

Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. CV ANDI OFFSET.


Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.