ANALISIS KONSUMSI MAKANAN JAJANAN TERHADAP PEMENUHAN GIZI REMAJA

Esi Emilia, Juliarti Juliarti, Nikmat Akmal

Abstract


Kecukupan gizi pada remaja tergantung dari makanan yang dikonsumsi. Makanan jajanan memberikan kontribusi gizi yang nyata terhadap pemenuhan kebutuhan gizi remaja. Tujuan penelitian untuk 1). Mengetahui gambaran konsumsi makanan dan konsumsi makanan jajanan pada remaja, 2) Menganalisis tingkat kecukupan makanan jajanan terhadap pemenuhan kebutuhan gizi remaja. Desain penelitian adalah crossectional study dengan metode survey. Waktu pelaksanaan  penelitian mulai bulan Juni – November 2018 dengan lokasi Universitas Negeri Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Universitas Negeri Medan. Minimal sampel yang akan diambil berdasarkan proporsi adalah 196 orang. Untuk menghindari terjadinya pengurangan sampel, maka jumlah sampel ditambah 10 persen dari jumlah sehingga jumlah sampel menjadi 216 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa konsumsi makanan yang mengandung kalori, protein, lemak dan karbohidrat adalah berturut-turut 1706,4 kal, 71,1 gram, 56,4 gram dan 227,5 gram. Lebih separoh sampel mengalami defisit energi tingkat berat atau konsumsi mereka kurang dari 70%. Konsumsi makanan jajanan mengandung kalori, protein, lemak dan karbohidrat adalah berturut-turut 1022,1 kalori, 39,6 gram, 32,7 gram dan 141,4 gram. Tingkat kecukupan makanan jajanan terhadap konsumsi perhari untuk kalori, protein, lemak dan karbohidrat berturut-turut 59,9%; 55,7%; 58,0% dengan rata-rata sebesar 58,9%, artinya separoh lebih konsumsi sampel diperoleh dari makanan jajanan. Hal ini disebabkan sebagian besar waktu sampel dihabiskan dikampus dan diluar rumah.


Full Text:

PDF

References


Aslina, Haryati S. 2012. Sumbangan makanan jajanan anak sekolah dasar ter-hadap asupan energi dan protein di SDN Lamper Kidul 02 Semarang.Jurnal Pengembangan Rekayasa Teknologi. 2012; 14(2): 132-40.

Emilia, E. (2016). Development Guidebook To Integrating 14 Nutrition Message Into Junior Highschool Curriculum. Prosiding In Annual International Seminar On Transformative Education And Education Leadership

Fiamanatillah,R.F., Farida W.N, Ninna, R. Kontribusi Zat Gizi Makan Siang Sekolah Dan Kecukupan Gizi Terhadap Status Gizi Siswa Di Sd Al-Furqan Jember. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan – Vol. 22 No. 3 Juli 2019: 265–271

[Kemenkes] Kementerian Kesehatan. (2012). Pedoman pencegahan dan penanggulangan kegemukan dan obesitas pad anak sekolah, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Kesehatan

Istiany, A., & Rusilanti. 2014. Gizi Terapan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.