Analisis Penyelenggaraan Makanan Pada Pembelajaran Unit Produksi Secara Daring Di UNIMED

Zainab Afifah, Riana Friska Siahaan, Nikmat Akmal, Esi Emilia, Erli Mutiara

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Analisis Karakteristik Konsumen, (2) Analisis Penyelenggaraan Makanan, (3) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen, Dan (4) Analisis Evaluasi Hambatan Pembelajaran Unit Produksi Secara Daring. Lokasi penelitian di unit produksi Fakultas Teknik UNIMED. Teknik pengambilan sampel mahasiswa menggunakan total sampling sebanyak 48 orang dan sampel konsumen menggunakan purposive sampling sebanyak 48 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2020 – Februari 2021. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk menjaring data penyelenggaraan makanan pada pembelajaran unit produksi secara daring. Teknik analisis data yang digunakan untuk mencapai tujuan pertama , kedua, dan keempat yaitu menggunakan metode analisis deskriptif, dan untuk mencapai tujuan ketiga yaitu menggunakan metode analisis IPA (Importance Performance Analysis) dan analisis CSI (Costumer Satisfaction Index) menggunakan Microsoft Excel 2016 dan SPSS 18.00. Hasil penelitian karakteristik konsumen menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen yaitu remaja awal usia 17-25 tahun (82%), berjenis kelamin wanita (77%), dan pekerjaan mahasiswa (63%). Penyelenggaraan makanan terdiri dari perencanaan menu, pengolahan makanan dan minuman, penyajian makanan dan minuman, serta sarana dan prasarana. Tingkat kepuasan konsumen analisis IPA (Importance Performance Analysis) menunjukkan bahwa perlu adanya perbaikan atribut pada kuadran A meliputi tekstur minuman, porsi minuman, penyajian kemasan minuman, aroma makanan dan minuman, bumbu dan penyedap makanan, kebersihan, nilai gizi, ketepatan penggunaan kemasan makanan, ketepatan penggunaan kemasan minuman, dan jangkauan lokasi. mahasiswa menerapkan proses pengolahan makanan dan minuman dengan baik. Nilai CSI (Costumer Satisfaction Index) diperoleh sebesar 88.50 persen menunjukkan konsumen merasa sangat puas terhadap kinerja unit produksi secara daring. Sedangkan evaluasi hambatan pada pembelajaran unit produksi secara daring menunjukkan bahwa kelebihan nya yaitu lebih fleksibel (41%) dan mandiri (23%), sedangkan kekurangan nya yaitu pengelolaan sendiri (50%) dan rendahnya peminat (25%).
Kata Kunci : Penyelenggaraan Makanan, Tingkat Kepuasan Konsumen, Pembelajaran Unit
Produksi Secara Daring


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bakri, Bachyar., Intiyati, Ani., dan Widartik. (2018). Sistem Penyelenggaraa Makanan Institusi. Jakarta : Kementerian Kesehata Republik Indonesia.

Dikmenjur (2018). Bantuan Pengembangan Unit Produksi. Jakarta: Dikmenjur.

Handarini, OI., Siti, SW. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020

Egsaugm. (2020). Retrieved February 10, 2021, from Perpustakaan Fakultas Geografi UGM, https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/10/14/pembelajaran-daring-efektif-gak-sih-buat-mahasiswa/

Kemdikbud. (2020). Retrieved February 10, 2021, from Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-pada-tahun-ajaran-dan-tahun-akademik-baru-di-masa-covid19/

Ikhsan, Naufal (2016). Sistem Penyelenggaraan Makanan Dan Tingkat Kepuasan Serta Daya Terima Konsumen Terhadap Soto Uncu Padang. Skripsi IPB, Bogor.

Margaretha dan Edwin (2012). Analisis Pengaruh Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Tok Roti Ganep’s di Kota Solo.

Rusnani. (2018). Pelaksanaan Unit Poduksi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Bisnis dan Manajemen. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 339-353.

Sofyana & Abdul. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika.

Tjiptono, F dan Anastasia D. (2019). Kepuasan Pelanggan Yogyakarta : Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.24114/jnc.v1i2.26585

Article Metrics

Abstract view : 383 times
PDF - 1026 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.