KUALITAS ORGANOLEPTIK SAMBAL CABAI HIJAU DENGAN PENAMBAHAN KACANG HIJAU

Mega Putri Novianti, Ari Fadiati, Ridawati Ridawati

Abstract


ABSTRAK: Sambal cabai hijau dengan penambahan kacang hijau merupakan sebuah produk inovasi sambal dengan bahan tambahan kacang-kacangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kualitas organoleptik sambal cabai hijau dengan penambahan kacang hijau. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan 3 jenis perlakuan yaitu sambal cabai hijau dengan penambahan kacang hijau 10%, 20% dan 30%. Panelis ahli pada uji organoleptik berjumlah 5 orang dengan penentuan secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen kualitas produk dengan pengukurannya menggunakan skala Likert. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan analisis data menggunakan skala Likert dan data yang disajikan merupakan data deskriptif. Produk sambal cabai hijau dengan penambahan kacang hijau dengan kualitas organoleptik terbaik adalah dengan penambahan kacang hijau sebanyak 30%. Penelitian lanjutan yang dapat dilakukan adalah dengan mengukur tingkat penerimaan konsumen terhadap sambal cabai hijau dengan penambahan kacang hijau.

 

Kata kunci: sambal cabai hijau, kacang hijau, kualitas, organoleptik


Full Text:

PDF

References


Fadriowati, G. (2017). Studi Pembuatan Sambal Siap Santap dengan Bumbu Khas Indonesia Berbasis Daya Terima Konsumen [skripsi]. Bandung: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia.

Gardjito, Murdijati, & Wikandari, R. (2019). Kuliner Cita Rasa Pedas. Yogyakarta: Nightoon Cookeries.

Hasibuan, H. A. & Rendi, M. (2018). Penggunaan Minyak Sawit Merah dalam Pembuatan Sambal Cabai Merah Tumis. Jurnal Teknologi Pertanian, 19(2), 95-106.

Rahman, T. & Agus, T. (2011). Pemanfaatan Kacang Hijau (Phaseolus Radiatus L) Menjadi Susu Kental Manis. [Prosiding] Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sains, 223–230.

Sjoekri, R. (2017). SENIRASA Teman Resep Masakan Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Supit, J. W., Tineke M. L., & Maya, M. L. (2015). Analisis Sifat Fisikokimia dan Organoleptik Sambal “Cahero.” Jurnal Teknologi Pangan, 6 (7).

Widawati, L., & Susi, E. (2015). Preferensi Panelis dan Efektifitas Penggunaan Bahan Penstabil Terhadap Mutu Sambal Hijau Tempoyak. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 4 (1), 42-47.

Wibowo, N., Bhakti, E. S. & Antonius, H. (2018). Karakteristik Hedonik Sambal Pecel Hasil Substitusi Kacang Tanah (Arachishypogaea) dengan Kacang Hijau. Jurnal Teknologi Pangan, 2 (1), 46–49.




DOI: https://doi.org/10.24114/jnc.v2i1.31306

Article Metrics

Abstract view : 467 times
PDF - 445 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.