PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG SINGKONG (Manihot esculenta C.) TERHADAP KUALITAS CHICKEN CURRY PUFF FROZEN

Dita Ajeng Indriati, Guspri Devi Artanti, Nur Riska

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisis pengaruh substitusi tepung singkong terhadap kualitas chicken curry puff frozen berdasarkan aspek warna kulit, warna isian, tekstur, lembaran, rasa, dan aroma. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pastry dan Bakery Program Studi Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Jakarta. Waktu penelitian dimulai pada bulan November 2019 hingga Januari 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Sampel penelitian yang digunakan adalah chicken curry puff frozen substitusi tepung singkong sebanyak 10%, 20% dan 30% dengan lama waktu beku penyimpanan 7 hari, produk diujikan kepada 45 panelis yang menilai aspek warna kulit, tekstur, lembaran, rasa, warna isian, dan aroma. Berdasarkan hasil uji hipotesis statistik dengan menggunakan uji Kruskal Wallis menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh tepung singkong terhadap kualitas chicken curry puff frozen yang ditinjau dari aspek warna kulit, tekstur, lembaran, rasa, warna isian, dan aroma. Kesimpulan dari penelitian ini adalah merekomendasikan penggunaan tepung singkong 30% untuk dikembangkan sebagai inovasi pada usaha curry puff, dan mengoptimalkan pemanfaatan tepung singkong serta mengenalkan produk patisserie curry puff tepung singkong.

 

Kata kunci: Tepung Singkong, Chicken Curry Puff Frozen, Kualitas


Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Y. (2008). Homemade Frozen Food. Jakarta, Gramedia.

Fajri, I. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Sosial, Prenadamedia Group.

Herliani, A.L. (2013). Teknologi Pengawetan Pangan, Bandung, Alfabeta.

Ismayani, Y. (2005). Oriental Pastry. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama

Litbang dalam Herawati, (2008). Penentuan Umur Simpan Pada Prouk Pangan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Jawa Barat.

Wendy,H. (2007). Singapore Food A Treasury Of More Than 200 Times-Tested Recipes, Singapore: Marshall Cavendish Cuisine.




DOI: https://doi.org/10.24114/jnc.v2i1.31897

Article Metrics

Abstract view : 288 times
PDF - 313 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.