ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU TERHADAP PILIHAN MAKANAN PENDAMPING ASI DI KOTA MATARAM TIMUR

Baiq Fitria Rahmiati, Wayan Canny Naktiany, Junendri Ardian, M. Thontowi Jauhari

Abstract


ABSTRAK: Permasalahan gizi di Indonesia masih didominasi oleh masalah kekurangan gizi pada anak. Timbulnya masalah ini tidak hanya karena kekurangan makanan saja, namun dipengaruhi juga oleh karakteristik ibu, karena ibu merupakan pengolah makanan di keluarganya yang sangat berperan penting dalam pemenuhan gizi anak. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk menganalisis hubungan antara karateristik ibu dengan pilihan pangan.  Responden penelitian berjumlah 50 orang yang dipilih secara acak (simple random sampling). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang didukung data kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner untuk mendapatkan data kuantitatif dan wawancara mendalam untuk mendapatkan data kualitatif. Data kuantitatif akan dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman dengan bantuan software SPSS. Adapun data kualitatif akan disajikan dalam bentuk narasi yang dijadikan sebagai pendukung data dan penambah wawasan. Hasil yang diperoleh adalah tidak terdapat pengaruh antara karakteristik ibu dengan pilihan pangan ibu untuk anak balita nya (p value >0.05).

Kata kunci: Karakteristik Ibu, Pilihan Pangan, MP ASI


Full Text:

PDF

References


Setyaningsih, S.R dan Agustini, N. (2014). Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Ibu dalam Pemenuhan Gizi Balita: Sebuah Survai. Jurnal Keperawatan Indonesia,17 (3), 88–94.

Bennu, D.M. (2012) Hubungan pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) dengan status gizi bayi 6-12 bulan di Posyandu Kurusumange, Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros, Poltekkes Kesehatan, Kemenkes Makassar.

K. RI, Profil Kesehatan Indonesia 2014. 2014.

Lizaur, A.B.P. (2011). Complementary Feeding: Report of the Global Consultation, Summary of Guiding Principles. Gac. Med. Mex., 147 (1), 39–45, 2011.

Nurbaiti, L., Adi, A.C., Devi, S.R and Harthana, T. (2014). Kebiasaan makan balita stunting pada masyarakat Suku Sasak: Tinjauan 1000 hari pertama kehidupan (HPK). Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik., 27 (2), 104-112

Alawiyah, S.D and Prasodjo, N.W. (2017). Tindakan Pilihan PAngan Ibu untuk Anak BALITA. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 1 (3), 397–420.

Rahmiati, B.F. (2019). Upaya Perbaikan Status Gizi Balita Melalui Sosialisasi Menu Mp-Asi Sesuai Usia Balita Di Kecamatan Gunungsari. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2 (2), 138–145.

Darmawan, F.H and Sinta, E.N.M. (2015). Hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan perilaku pemberian mp-asi yang tepat pada bayi pada usia 6-12 bulan di desa sekarwangi kabupaten sumedang,” Midwife Journal, 1 (2), 35–36.

Muslim, A.A. (2008). Hubungan Antara Pola Pengasuhan dengan Status Gizi Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Mataram Kota Madya Mataram Propinsi Nusa Tenggara Barat. Jogyakarta, Universitas Gajah Mada.

BPOM. (2013). Pedoman Pangan Jajanan Anak Sekolah untuk Pencapaian Gizi Seimbang Bagi Orang Tua, Guru dan Pengelola Kantin. Jakarta, Direktorat Standarisasi. Produk Pangan Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan Dan Bahan Berbahaya Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia.

Perdani, Z.P., Hasan, R dan Nurhasanah, N. (2016). Hubungan Praktik Pemberian Makan Dengan Status Gizi Anak Usia 3-5 Tahun Di Pos Gizi Desa Tegal Kunir Lor Mauk. Jurnal JKFT, 1(2), 17-29.




DOI: https://doi.org/10.24114/jnc.v2i1.32397

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF - 295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.