PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DIGITAL MATERI MARZIPAN PADA MATA KULIAH DEKORASI KUE

Annida Yuniarni, I Gusti Ayu Ngurah Singamurni, Rina Febriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran berupa flipbook digital materi marzipan yang digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Dekorasi Kue untuk mahasiswa program studi Tata Boga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Tahapan penelitian ini terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Teknik analisis data pada penelitian dan pengembangan ini berupa deskriptif kualitatif. Uji coba dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Uji coba yang dilakukan adalah uji one to one dengan mengambil data dari 3 orang responden, uji small group dari 9 orang responden, dan uji field group dari 30 orang responden. Media pembelajaran ini telah divalidasi oleh ahli dengan nilai 99% untuk aspek materi, 89% untuk aspek media, dan 89% untuk aspek bahasa. Hasil penilaian uji one to one adalah 93%, uji small group adalah 95%, uji field group adalah 88%. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa pengembangan flipbook digital materi marzipan dikategorikan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah Dekorasi Kue tanpa terbatas ruang dan waktu


Full Text:

PDF

References


Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 63–70. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2476.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 Tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.

Fadjarajani, S., dkk. (2020). Media Pembelajaran Transformatif. Gorontalo: Ideas Publishing.

Isnarto, Abdurrahman, & Sugianto. (2017). Pengembangan Laboratorium Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Sekolah. Jurnal Profesi Keguruan (JPK), 3(2), 244–252.

Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 131–138.

Mulyono, T.T., dkk. (2022). Teori Komunikasi Pendidikan. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Prasetyo, B. & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 22–27. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualiatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winarni, E. W. (2018) Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuniastuti, Miftakhuddin, & Khoiron, M. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgpkm.v4i1.55590

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANDALIMAN : JURNAL GIZI PANGAN, KLINIK DAN MASYARAKAT (JGPKM)

Alamat : Jalan Willem Iskandar Pasar V, Medan

Sumatera Utara, Indonesia

Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgpkm