PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SDN RANDUGEDE

Penulis

  • Fahmi fachruzaqi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Negri madiun
  • Cerianing Putri Pratiwi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Negri madiun
  • Candra Dewi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Negri madiun

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Wordwall, Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Randugede. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman siswa terhadap jenis-jenis kata kerja karena pembelajaran yang kurang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PBL berbantuan Wordwall dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian (pretest dan posttest), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model PBL berbantuan media Wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam memahami jenis-jenis kata kerja. Dengan demikian, model ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran interaktif yang mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa di tingkat sekolah dasar.

Referensi

Fitri, Y., Desyandri, & Erita, Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar: Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivis. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 8(2), 2982–2992.

Suryani, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Ciri Dan Peranan Bakteri Dalam Kehidupan Di Kelas X Mia 3 Sma Negeri 3 Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2017/2018. 5(2).

Utami, F., Sheftyawan, W. B., Pratama, A. Y., & Supriadi, B. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 61. Https://Doi.Org/10.19184/Jpf.V12i2.38890

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Cara Mengutip

Fahmi fachruzaqi, Cerianing Putri Pratiwi, & Candra Dewi. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SDN RANDUGEDE. Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar, 3(1), 25–29. Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jmpsd/article/view/67964

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.