ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS ANGKATAN 23 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Penulis

  • Yohana Putri Lumban Gaol Program Studi Pendidikan Tata Rias, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan
  • Inez Diameda Br Tarigan Program Studi Pendidikan Tata Rias, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan
  • Lentina Pardede Program Studi Pendidikan Tata Rias, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan
  • Ega Marsha ⁠ Challista Program Studi Pendidikan Tata Rias, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan
  • Aurum Suci Ananda Program Studi Pendidikan Tata Rias, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Anggie Januarsyah Daulay Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i1.69183

Kata Kunci:

Bahasa Indonesia, kesalahan berbahasa, Pendidikan tata rias

Abstrak

This study aims to analyze the use of Indonesian language by students of the Cosmetology Education Study Program at Medan State University, with a focus on identifying language errors in academic communication. This study uses a qualitative descriptive method with data obtained through an open questionnaire administered to 12 students. The analysis was conducted on four categories of language problems, namely syntactic errors, morphological errors, code-mixing, and the use of informal expressions in formal contexts. The results showed that syntactic errors were the most dominant (36%). Other errors included morphology (24%), code-mixing (22%), and the use of informal language in formal situations (18%). The dominance of syntactic errors reflects students' weak ability to construct effective sentences, while the tendency to code-mix is influenced by the use of foreign terms in the field of cosmetology. These findings highlight the importance of strengthening academic literacy, writing training, and adapting foreign terms into Indonesian to support effective academic communication.

Referensi

Meylani, A., Lestari, D., & Pratiwi, R. (2024). Variasi bahasa dalam tuturan mahasiswa di lingkungan akademis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 1120–1132. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/11103

Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra. (2022). Penggunaan istilah asing dalam penulisan akademik mahasiswa nonbahasa. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 6(1), 45–56.

https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/20920

Wahyuni, S. N. (2023). Penggunaan bahasa Indonesia baku dalam proses pembelajaran antara dosen dan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 33–42. Universitas Bengkulu.

Wardani, A. T., Siregar, R., & Lubis, N. (2024). Analisis penggunaan bahasa Indonesia formal dan informal terhadap komunikasi antar mahasiswa/i di kampus Universitas Negeri Medan. Ekasakti Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(2), 89–100. https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/EJPP/article/view/1076

Warsiman. (2025). Penggunaan kaidah bahasa Indonesia dalam penulisan skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Alfabeta: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 55–67.

Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa, dan Budaya. (2024). Analisis kesalahan berbahasa pada presentasi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa, dan Budaya, 3(2), 110–120. https://journal.aspirasi.or.id/index.php/Semantik/article/view/768

Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya. (2024). Analisis kesalahan berbahasa pada makalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi UNIMED. Morfologi, 4(1), 75–86.

https://journal.aspirasi.or.id/index.php/morfologi/article/view/637

Kode: Jurnal Bahasa. (2024). Analisis kesalahan berbahasa bidang semantik. Kode: Jurnal Bahasa, 13(1), 99–108. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/28311

JGK (Jurnal Guru Kita). (2023). Analisis kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada blog mahasiswa. JGK, 7(2), 150–161.

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/22371

Jurnal Tata Rias UNJ. (2023). Artikel penelitian bidang tata rias. Jurnal Tata Rias, 5(2). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtr

Jurnal Tata Rias UNESA. (2023). Artikel penelitian bidang tata rias. Jurnal Tata Rias, 4(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias.

Diterbitkan

2025-09-23

Cara Mengutip

Gaol, Y. P. L., Tarigan, I. D. B., Lentina Pardede, Challista, E. M. ⁠, Ananda, A. S., & Daulay, M. A. J. (2025). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS ANGKATAN 23 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i1.69183

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.