Analysis of the Effectiveness of Using Concrete Media in Introducing Statistical Concepts in Elementary Schools
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i3.69287Kata Kunci:
Pendidikan dasar, inovasi pembelajaran, konsep statistik, media konkret, efektivitas pembelajaranAbstrak
Studi ini melihat seberapa efektif penggunaan media konkret untuk mengajarkan siswa sekolah dasar konsep statistik. Pentingnya media pembelajaran kreatif terletak pada kesulitan siswa dalam memahami konsep statistik yang abstrak. Metode quasi eksperimen menggunakan desain pre-test dan post-test control group. Ini melibatkan kelompok eksperimen dengan media konkret, seperti benda nyata, kartu data, dan alat peraga, serta kelompok kontrol dengan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan metode tradisional, media konkret secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep statistik, motivasi, dan aktivitas belajar. Singkatnya, media konkret berfungsi sebagai metode pembelajaran kreatif yang membantu siswa menghubungkan konsep abstrak dengan pengalaman nyata. Ini mendukung pencapaian siswa dalam pembelajaran matematika sejak dini.Referensi
Aras, M., Nur, R., & Wahyuni, S. (2021). Penggunaan media konkret dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 112–123.
Fitriana, D., Amaliyah, N., & Unaenah, E. (2023). Pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 45–56.
Lisnasari, R. (2024). Peningkatan kemampuan numerasi siswa melalui media konkret pada pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia Pendidikan Matematika, 8(1), 74–91.
Saila, A., Rahmawati, N., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh media pembelajaran terhadap pemahaman bilangan bulat di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 101–109.
Ali, H., & Purwandi, L. (2017). Millennial Nusantara, Pahami Karakter, Rebut Simpatinya. Gramedia Pustaka Utama.
Apiek, dkk. (2022). The Concept of Sekolah Penggerak Digital Paradigm in Supporting Profil Pelajar Pancasila. Proceedings of the 4th International Conference on Innovation in Education, Science and Culture, ICIESC, 1–5.
Aras, M., Nur, R., & Wahyuni, S. (2021). Penggunaan media konkret dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 112–123.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sry Ninta Sebayang, Adena Siregar, Theresia Agustine Tuka

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



