FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD PADA TOPIK GEOMETRI DAN UPAYA PENINGKATANNYA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i2.69503Kata Kunci:
minat belajar, matematika, geometri, siswa sekolah dasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat belajar matematika siswa kelas IV SDN 106161 Laut Dendang pada topik geometri serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa yang diberikan angket berisi 17 pertanyaan mengenai minat belajar matematika pada materi bangun datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% siswa memiliki minat belajar yang tinggi, sementara 50% lainnya menunjukkan minat belajar yang rendah. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika pada topik geometri belum sepenuhnya menarik bagi seluruh siswa. Faktor yang mempengaruhi minat belajar meliputi persepsi siswa terhadap kesulitan materi, metode pembelajaran yang digunakan guru, ketersediaan media pembelajaran, serta dukungan dari lingkungan sekitar. Solusi yang direkomendasikan meliputi penerapan metode pembelajaran interaktif, penggunaan media konkret maupun digital, pengaitan materi dengan kehidupan sehari-hari, dan peningkatan kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi guru dan sekolah untuk meningkatkan minat serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.Referensi
Barimbing, A. A. (2022). ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SD. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran).
Dwi Asih, D. C. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Simon Berkata Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sandung. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran.
Hasibuan, F. R. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.
Indriani Jayanti, N. A. (2020). Analisis faktor internal dan eksternal kesulitan belajar matematika kelas V. Jurnal Pendidikan.
Irfan Fauzi, A. A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi. 659-654.
Kasman, K., & Ilham, M. (2022). Penggunaan Media Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. JADIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1).
Muhammad Rian Subekti, A. K. (2021). Analisis minat belajar matematika siswa kelas IV SDN 25 gurung peningkah kayan hilir tahun 2020/2021. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika .
Munandar, R., & Siregar, H. (2021). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Al-Fihris, 5(2).
Putri, A. (2021). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(3)
Rosali, Y. &. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan UNIMED.
Savira Mahesa Azhirakeisha, A. A. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Geometri pada Siswa Sekolah Dasar dengan Pendekatan Konkret dan Strategi Pembelajaran yang Adaptif. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sri Ayu, S. D. (n.d.). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2021.
Suci Ramadani, K., & Rizky Wandini, R. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IVdi SD IT Hidayatul Jannah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31844–31849. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12188
Syah, M. (2001). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Remaja Rosdakarya.
Wulandari, C. (2017). Menanamkan konsep bentuk geometri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Onma Nikita Putri, Chanisah Azzahra, Rizka Fadhila Siregar, Syahrial

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



