THE EFFECTIVENESS OF THE SUSAN LOUCKS-HORSLEY (SLH) LEARNING MODEL VIEWED FROM THE SKILLS OF THE SCIENCE PROCESS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Devi Anjani, Suyatno, W. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Susan Loucks-Horsley untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Kimia. Proseding Seminar Nasional Kimia, B-115.
Dewi, W. S., Supriadi, N., Putra, F. G., & Kritis, B. (2018). Model Hands on Mathematics (HoM) Berbantuan LKPD Bernuansa Islami Materi Garis dan Sudut 1, 1(1), 57–63.
Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2017). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 265.
https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126
Erina, R., & Kuswanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran InSTAD Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7507
Erlinda, N. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMK Dharma Bakti Lubuk Alung. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 02(1), 49. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1738
Hanib, M. T., & Indriwati, S. E. (2017). Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, 22–31.
Intan Rizki Anita, Tri Jalmo, dan B. Y. (2015). Pengembangan Lks Berbasis Keterampilan Proses Sains (Kps) Unutk Meningkatkan Kps Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(10), 113–123.
Komikesari, H. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 01(1), 16.
Liliawati, W., Utama, J. A., & Fauziah, H. (2016). Susan Loucks-Horsley learning model in light pollution theme: Based on a new taxonomy for science education. Journal of Physics: Conference Series, 739(1), 1. https://doi.org/10.1088/1742-6596/739/1/012141
Made Astra, I., & Wahidah, R. S. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Melalui Model Guided Discovery Learning Kelas XI MIPA pada Materi Suhu dan Kalor. JPPPF (Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika), 3(2), 181–190. https://doi.org/10.21009/1.03209
Muiz, A. (2016). Implementasi Model Susan Loucks-Horsley Terhadap Communication And Collaboration Peserta Didik SMP, 5(1), 1083.
Munawaroh, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Implementasi Model Pembelajaran Susan Loucks, 39–52.
Nelyza, F., Hasan, M., & Musman, M. (2015). Implementasi Model Discovery Learning Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Sosial Peserta Didik Mas Ulumul Qur’an Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(02), 15. Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Nurussaniah, N., Trisianawati, E., & Sari, I. N. (2017). Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Calon Guru Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 235. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1891
Partini, Budijanto, S. B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(4), 268–272.
Sodikin, S. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Menggunakan Alat Ukur dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 256. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.97
Suana, W. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 15. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.101
Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013, 2(1), 29–35.
Sundawan, M. Da. (2016). Perbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme dan Model Pemebelajaran Langsung. JURNAL LOGIKA, XVI(1).
Y, E. K., Malik, A., & S, S. R. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Context Based Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 24. https://doi.org/10.21009/1.02104
Zubaidah, S. (2017). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran, (December 2016).
DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v9i2.14360
Article Metrics
Abstract view : 277 timesPDF - 193 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 ade ogi prayoga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.