Cover Image

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Muliani Muliani, Nanda Novita, Rahmat Saputra, Sri Rahayu Retnowulan, Suyit Ratno

Abstract


Lembar kerja siswa (LKS) merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Namun LKS yang selama ini digunakan belum mengarahkan siswa untuk mengintegrasikan konsep science, technology, engineering and mathematics (STEM) pada proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai. Penelitian iini bertujuaniiuntuk  mengetahui kelayakan, daya tarik dani kemudahan LKS berbasisiSTEMiipada materi fluida dinamis dan  mengetahui respon siswa terhadap penggunaan LKS berbasis STEM pada materi fluida dinamis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Instrumen pengumpulan data berupa lembar uji validitas materi, lembar uji validitas oleh ahli media,  lembar angket kelayakan,  kemudahan, kemenarikan oleh guru. Lembar angket respon siswa terhadap penggunaan LKS berbasis STEM. Berdasarkan hasili penelitiani menunjukkanibahwa LKSiberbasis STEM layak digunakan dengan imemperoleh nilaii persentaseisebesar 82,38% denganikriteriaisangatilayak. Hasiliuji cobairespon siswa terhadap LKS STEM pada materi fluida dinamis yang telah dikembangkan menunjukkanibahwa padaiuji coba produk persentase responisiswaiterhadapipenggunaan LKS berbasis STEM pada materi fluida dinamis sebesar 90,55% dengan sangat kriteria baik, pada uji coba penggunaan persentase respon siswa terhadap penggunaan LKS berbasis STEM pada materi fluida dinamis sebesar 84,85% dengan kriteria sangat baik.


Keywords


LKS berbasis STEM;Fluida dinamis;Research and Development (R&D)

Full Text:

PDF

References


Alexander Oliva, H., Pérez-Morán, G., Epifanía-Huerta, A., Temoche-Palacios, L., & Iparraguirre-Villanueva, O. (2024). Critical Thinking and Digital Competence in College Students: A Cross-Sectional Study. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), 14(2), 92–99. https://doi.org/10.3991/ijep.v14i2.46767

Amiq, B., & Suwito, D. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Teknologi Mekanik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM SMK N 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(3), 104.

Artapati, L. W., & Budiningsih, C. A. (2017). Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Serayu Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 185–200.

Chen, C., Said, T., Sadler, P. M., Perry, A., & Sonnert, G. (2024). The Impact of High School Science Pedagogies on Students' STEM Career Interest and onTheir Ratings of Teacher Quality. Journal of Research in Science Teaching, April, 1–35. https://doi.org/10.1002/tea.21948

Dewi, D. R. (2019). Pengembangan kurikulum di Indonesia dalam menghadapi tuntutan abad ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22.

Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep untuk Mengatasi Miskonsepsi dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–136.

Dzakiyyah, A., Rohana, R., & Surmilasari, N. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Organ Pernapasan Hewan Kelas V SD. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 338–347.

Faiza, C. R., Idris, S., & Ginting, F. W. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL) Berbantuan Video Youtube Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 72–79.

Faradillah, Muliani, & Rahmadiwi. (2021). The Development Of Student Worksheet (LKS) Based Wondering Exploring Explaining Science (Wee Science) With The Help Of Phet Simulations On Elasticity And Hooke's Law Subject. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 32–39. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf

Gok, T. (2021). The Development Of The Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Attitude And Motivation Survey Towards Secondary School Students. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 9(1), 105–119. https://doi.org/10.23947/2334-8496-2021-9-1-105-119

Gusvita, A., Purwanto, A., & Syarkowi, A. (2023). Profil Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Kesetimbangan Benda Tegar. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 44–51. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.38937

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS INDONESIA (TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302

Kang, N. (2019). A Review Of The Effect Of Integrated STEM Or STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematics) Education In South Korea. Asia-Pacific Science Education, 5(1), 6. https://doi.org/10.1186/s41029-019-0034-y

Muliani, M., Siska, D., & Hasri, A. (2022). Pengembangan Lks (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Virtual Lab Berbantuan Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Getaran Harmonik. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(1), 59. https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i1.5755

Ningrum, A., Putri, D. H., & Medriati, R. (2022). Implementasi LKPD Fisika Pada Model Pembelajaran Predict Observe Explain Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 67–74. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.36192

Ningrum, R. A., Widodo, W., & Sudibyo, E. (2024). The Influence of Website-Based Learning Media on Science Learning Outcomes in Elementary School Students in the Era of Society 5.0. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 5(1), 12–28. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i1.445

Ningsih, P., & Bukit, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 97–105. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.36669

Nurwulandari, N. N. (2018). N Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Pokok Bahasan Energi. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 2(2), 205–213.

Okeke, C. I. ., Okeke, C. C., & Ugwuanyi, C. S. (2020). Intervention Strategies that can Support Young Adults' Transition into Positive Fatherhood, Implications for Science, Technology, Engineering and Mathematics Education. International Journal of Mechanical and Production Engineering Research and Development, 10(3), 8585–8596. https://doi.org/10.24247/ijmperdjun2020816

Pitri, E., Sakdiah, H., Absa, M., Fatmi, N., & Muliani. (2024). Pengembangan LKPD Fisika Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI SMA. Journal on Education, 06(02), 14371–14383.

Puspitasari, L., Subiki, S., & Supriadi, B. (2022). Pengaruh Media Phet Simulation Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 89–96. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.37682

Rahmatina, C. A., Jannah, M., & Annisa, F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Science,technology,Engineering,and Mathematics (STEM) di SMA/MA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(1), 27–33.

Rahmiza, S., Adlim, & Mursal. (2015). Pengembangan LKS STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Beutong pada materi induksi elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1), 239–250.

Ridwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Sakdiah, H., Noviati, N., & Muliani. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM Terintegrasi Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Kuliah Kajian Fisika Kejuruan. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 99–104. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/21206/pdf

Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124.

Setiawan, N. C. E., Sutrisno, S., Munzil, M., & Danar, D. (2020). Pengenalan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dan Pengembangan Rancangan Pembelajarannya untuk Merintis Pembelajaran Kimia dengan Sistem SKS di Kota Madiun. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 56. https://doi.org/10.36312/linov.v5i2.465

Sharah, M., Putri, D. H., & Medriatri, R. (2023). Penerapan Multimedia Interaktif Pada Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Getaran Harmonis. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 9–13. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.36194

Simatupang, H., Sianturi, A., & Alwardah, N. (2019). Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM Untuk Menumbuhkan Keterampilanberpikir Kritis Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(4).

Siregar, N. C., Rosli, R., Maat, S. M., & Capraro, M. M. (2020). The Effect of Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Program on Students' Achievement in Mathematics: A Meta-Analysis. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.29333/iejme/5885

Somalinggi, M. L., Lumbu, A., & Triwiyono, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(2), 137. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i2.49661

Sudaryono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtitatif dan Mix Methode Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada.

Tiarani, S., Safriana, Ginting, F. W., Muliani, & Setiawan, T. (2024). Penerapan Model Learning Cycle 5E Berbantuan Video Animasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konep Siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(1), 447–258.

Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu konsep, strategi dan implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang, R. I. (2003). No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 9.

Weisdiyanti, N., Sahyar, & Juliani, R. (2023). Development Of Complex Problem Solving Tests In Newton's Dynamic For High School. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(2), 178–183.

Widudawati, A. W. (2018). Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) Education Approach Against a Microscopic Representation Skill in Atom and Molecule Concept. IJCER (International Journal of Chemistry Education Research, 2(February), 2–6.

Wulandari, D., Roza, D., Rangkuti, M. A., Ifda, Y., & Ramadhani, I. (2023). The Level Understanding Of Thermodynamic Concept For Physics And Chemistry Undergraduate Students. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 1–8.

Xu, W., & Ouyang, F. (2022). The Application of AI Technologies in STEM Education: a systematic review from 2011 to 2021. International Journal of STEM Education, 9(1), 2–20. https://doi.org/10.1186/s40594-022-00377-5

Yang, D., & Baldwin, S. J. (2020). Using Technology to Support Student Learning in an Integrated STEM Learning Environment. International Journal of Technology in Education and Science, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i1.22

Yuanita, Y., & Kurnia, F. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis stem (science, technology, engineering, and mathematics) materi kelistrikan untuk sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 199–210.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i1.58167

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Muliani Muliani, Nanda Novita, Rahmat Saputra, Sri Rahayu Retnowulan, Suyit Ratno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.