urnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan. Terbit 2 kali setahun pada bulan Maret dan September. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian berupa hasil penelitian kebijakan, hasil penelitian pembelajaran, serta hasil penelitian tindakan kelas. Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian khusus berikut: (1) Pembelajaran: terdiri dari studi penelitian teoritis dan empiris pada pembelajaran. Naskah yang menyelidiki pembelajaran dan perubahan dan pertumbuhannya dari berbagai sudut pandang, termasuk psikologis, sosial, kognitif, sosiohistorical, dan afektif. Studi yang meneliti hubungan belajar mengajar, pengetahuan dan praktik, peserta didik itu sendiri.; (2) Isu dan Tren: terutama terdiri dari esai analitis, interpretatif, atau persuasif tentang isu-isu pendidikan saat ini, sosial, atau filsafat dan tren yang relevan dengan pengajaran. Bagian khusus ini secara khusus berusaha untuk mempromosikan dialog-dialog yang diinformasikan mengenai isu-isu terkini dalam pendidikan.; (3) Penelitian Bidang Pendidikan: terdiri dari penelitian empiris dan / atau teoritis asli yang meneliti persiapan Peneliti, pekerjaan Peneliti, atau bagaimana kerja Peneliti dipengaruhi oleh konteks yang lebih luas. "Penelitian Bidang Pendidikan" mengacu pada pengembangan di seluruh kontinum karir pengajaran, dari pra-layanan, melalui induksi, ke tahap-tahap pengajaran profesional tingkat lanjut.
Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan has been ACCREDITED by Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Republic of Indonesia, SK No. 79/E/KPT/2023, MAY 11th, 2023.
ISSN ONLINE: 2502-7182
Vol 30, No 1 (2024)
Table of Contents
PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS VI MELALUI KULTUR SEKOLAH
DOI : 10.24114/jpbp.v30i1.55059
| Abstract views : 64 times
Rosiana Niken Agustin, Sri Utaminingsih, Lovika Ardana Riswari
|
1-17
|
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM BLOK SELAMA MATRIKULASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA
DOI : 10.24114/jpbp.v30i1.52290
| Abstract views : 32 times
Sari Rahmayanti, Puji Astuti
|
18-25
|
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
DOI : 10.24114/jpbp.v30i1.56599
| Abstract views : 51 times
Dwi Septi Andini, Supentri ,, Jumili Arianto
|
26-33
|
INOVASI PEMBELAJARAN: MEMPERKUAT KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH MAHASISWA MELALUI PENUGASAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH
DOI : 10.24114/jpbp.v30i1.56375
| Abstract views : 112 times
Elieser R Marampa, Allen Pangaribuan, Johanes Parulian Siregar, Agustina Siburian, Suardin Zai
|
34-48
|
ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM GENERASI BERENCANA (GenRe) SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SMART AND GOOD CITIZENSHIP SISWA
DOI : 10.24114/jpbp.v30i1.56617
| Abstract views : 31 times
Siti Aisah, Supentri ,, Mirza Hardian
|
49-59
|
PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI TINGKAT SMP
DOI : 10.24114/jpbp.v30i1.56758
| Abstract views : 44 times
Putri Geovani Mayori, Gimin ., Supentri .
|
60-73
|
ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU INTERAKTIF DALAM MUATAN PEMBELAJARAN SBdP
DOI : 10.24114/jpbp.v30i1.56919
| Abstract views : 41 times
Almira Chandra Lalita, Herlina Usman, Prayuningtyas Angger Wardhani
|
74-80
|
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA
DOI : 10.24114/jpbp.v30i1.57015
| Abstract views : 25 times
Yanthy Leonita Perdana Simanjuntak, Silvia Dona Sari, Eviyona Laurenta Br Barus
|
81-90
|
PENGUASAAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA KOMPETENSI DASAR KEUTUHAN NKRI
DOI : 10.24114/jpbp.v30i1.57086
| Abstract views : 38 times
Varika Sarma Purba
|
91-97
|