Hubungan Pengetahuan dan Sikap Keamanan Pangan Dengan Perilaku Pembelian Jajanan Online Siswa SMA Labschool Rawamangun

Rizqi Yoman Pratama, Alsuhendra Alsuhendra, Ridawati Ridawati

Abstract


Anak usia sekolah menengah cenderung mempunyai kebiasaan membeli makanan ringan atau jajanan terutama pada masa pandemi Covid-19. Anak usia sekolah menengah yang sudah mengenal teknologi dapat membeli jajanan secara online yang dikehendaki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap tentang keamanan pangan dengan perilaku pembelian makanan jajanan secara online oleh siswa SMA Labschool Rawamangun pada masa pandemi Covid-19 tahun 2021. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode analisis data sekunder yang memanfaatkan data kuantitatif maupun kualitatif yang sudah ada untuk menemukan permasalahan baru atau menguji hasil penelitian terdahulu. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Labschool Rawamangun sebanyak 30 responden. Data diambil berdasarkan data penelitian Alsuhendra tahun 2021 terkait tingkat pengetahuan, kepedulian dan sikap siswa SMA di Jakarta Timur tentang keamanan pangan dan hubungannya dengan perilaku pembelian makanan jajanan secara pesan antar dalam jaringan (daring). Hasil penelitian dari 30 responden menunjukkan persentase pengetahuan tentang keamanan pangan baik sebanyak 70%, sementara sikap tentang keamanan pangan yang baik 90% dan perilaku pembelian makanan jajanan secara online pada masa pandemi Covid-19 yang baik sebesar 50%. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap tentang keamanan pangan dengan perilaku pembelian makanan jajanan secara online oleh siswa SMA Labschool pada masa pandemi Covid-19 (rhitung = 0,615; koefisien determinasi  37,8%). Hasil penelitian diharapkan siswa SMA Labschool Rawamangun mempertahankan atau meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang keamanan pangan dalam berperilaku saat membeli jajanan secara online terlebih setelah masa pandemi Covid-19 selesai agar terhindar dari jajanan tidak aman.


Full Text:

PDF

References


Alsuhendra (2021) Tingkat Pengetahuan, Kepedulian dan Sikap Siswa SMA di Jakarta Timur tentang Keamanan Pangan dan Hubungannya dengan Perilaku Pembelian Makanan Jajanan secara Pesan Antar dalam Jaringan (Online). Jakarta.

Aspiani, M. and Rustiawan, A. (2020) ‘Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Fasilitas Sanitasi terhadap Keamanan Pangan di Rumah Makan Kawasan Wisata Kuliner Pantai Depok Kabupaten Bantul tahun 2019’, Univerity Research Colloquium 2020 Universitas Aisyiyah, 11.

BPOM RI (2019) Desain dan Petunjuk Teknis Kegiatan Aksi Nasional Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu dan Bergizi. Jakarta.

BPOM RI (2020) 5 Kunci Memilih Pangan Aman. 2nd edn. Edited by R.A. Sparringa. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Febryanto, M.A. (2016) ‘Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Konsumsi Jajanan di MI Sulaimaniyah Jombang’, Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 1(1), pp. 7–17.

Iklima, N. (2017) ‘Gambaran Pemilihan Makanan Jajanan Pada Anak Usia Sekolah’, Jurnal Keperawatan BSI, 5(1), pp. 8–17.

Imani, N.C. (2015) Pola Sarapan Siswa SMA Labschool Jakarta. Jakarta.

LTMPT (2022) Top 1000 Sekolah Tahun 2022 Berdasarkan Nilai UTBK. Available at: 1000-sekolah.ltmpt.ac.id (Accessed: 20 September 2022).

Mardani, A. (2013) Hubungan Antara Konformitas Terhadap Teman Sebaya dengan Kecenderungan Gaya Hidup Experiencers pada Siswa Kelas XI SMA Labschool Jakarta. Semarang.

Notoatmadjo, S. (2007) Ilmu dan Seni Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmadjo, S. (2010) Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Ridwanto, M. (2015) Hubungan Pengetahuan dan Sikap Mengenai Keamanan Pangan dengan Perilaku Memilih Makanan Jajanan pada Anak Kelas 4 dan 5 Di Sekolah Dasar Negeri Mendalanwangi 02 dan 03 Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Malang.

Surahman and Supardi, S. (2016) Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Syafitri, Y. (2009) ‘Kebiasaan Jajan Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Gizi dan Pangan, 4(3), pp. 167–175.

Triasari, R. (2015) Hubungan Pengetahuan dan Sikap Mengenai Jajanan Aman dengan Perilaku Memilih Jajanan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Cipayung 2 Depok. Jakarta.

Utari, P. (2020) ‘Belanja Online Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19 : Modifikasi Perilaku Konsumen’, Islamic Communication Journal, 5(2), pp. 143–154.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgpkm.v3i1.43894

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF - 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANDALIMAN : JURNAL GIZI PANGAN, KLINIK DAN MASYARAKAT (JGPKM)

Alamat : Jalan Willem Iskandar Pasar V, Medan

Sumatera Utara, Indonesia

Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgpkm