PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV

Penulis

  • Dhea Omry Ananda Pardede Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i3.70457

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media Wordwall dalam pelajaran Bahasa Inggris kelas IV di SDN 033911 Belang Malum. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 033911 Belang Malum, sedangkan sampel penelitian ini terdiri dari 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pra-eksperimen dengan desain One Group Pre-test Post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara guru, soal ujian, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa. Hal ini didasarkan pada rata-rata skor Post-Test siswa sebesar 83 yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor Pre-Test sebesar 59. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel berpasangan menemukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Nilai sig. (2-tailed) < 0.05 atau 0.000 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa SDN 033911 Belang Malum.

Unduhan

Diterbitkan

11/07/2025

Cara Mengutip

Pardede, D. O. A. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV . Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar, 2(3). https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i3.70457

Terbitan

Bagian

Articles