STUDI BUKU PEGANGAN DALAM KAITANNYA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA DI KECAMATAN BARUS

Liana Mawaddah Pohan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku-buku pelajaran Fisika kelas X SMA yang digunakan sesuai dengan KTSP dan melihat hasil belajar siswa dengan penggunaan buku pelajaran Fisika tersebut dengan cara survey terhadap buku pegangan yang digunakan guru SMA setingkat di Kecamatan Barus. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua buku pegangan yang digunakan guru sudah sesuai dengan KTSP. Dari dua buku Fisika kelas X SMA yang menjadi buku pegangan guru, buku Fisika kelas X SMA dengan pengarang Supiyanto (buku I) belum sesuai dengan KTSP karena skor keseluruhannya 175 (72,92%) berada antara 121-180 atau 51%-75% dari skor keseluruhan 240 dan buku Fisika kelas X SMA dengan pengarang Kamajaya
(buku II) secara keseluruhan telah sesuai dengan KTSP dengan skor keseluruhan 189 (78,75%) berada antara 181-240 atau 76%-100%. Hasil belajar siswa pada hasil ujian akhir semester genap tahun ajaran 2009-2010 dengan penggunaan buku I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 74,3 dan dengan penggunaan buku II rata-ratanya adalah 77,16.

Keywords


deskriptif, studi buku pegangan, hasil belajar fisika SMA

Full Text:

PDF

References


Arifin, S., dan Kusrianto, A. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi. Jakarta: Grasindo.

Hernowo. 2005. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Membuat Buku. Bandung: Penerbit MLC.

Lelo, J. 2005. Analisis Kesesuaian Buku Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terhadap Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Kota Madya Medan Tahun Ajaran 2004/2005.

Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNIMED, Medan.

Muslih, M. 2006. KTSP Dasar Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Malang: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sari, R. 2003. Analisis Kesesuaian Buku Teks Fisika Smp Terhadap Kriteria Penilaian Buku Teks Di Kota Madya Medan, skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNIMED, Medan.

Tim Dosen Program Studi Pendidikan Fisika. 2009. Mata Kuliah Pengembangan Program Pengajaran Fisika (P3 Fisika).




DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3376

Article Metrics

Abstract view : 278 times
PDF - 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.