PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ASSEMBLR EDU PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 060857 MEDAN TEMBUNG

Penulis

  • Frengki Sipahutar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Lidia Simanihuruk Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Zainuddin Zainuddin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Medan
  • Lala Jelita Ananda Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Medan
  • Putra Afriadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i1.64903

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Augmented Reality, Assemblr Edu, IPAS, Fotosintesis

Abstrak

This research aims to develop an interactive learning media based on Augmented Reality technology using the Assemblr Edu application in the IPAS subject, specifically on the photosynthesis topic. This media was developed to address the issue of low student engagement caused by limited use of varied and technologically enriched media. The research method used is the 4D development model consisting of the Define, Design, Develop, and Disseminate stages. The instruments used in this study include expert validation questionnaires (content and media), teacher and student response questionnaires, and learning outcome tests. The research results showed that the developed media met the criteria of validity, practicality, and effectiveness, and successfully improved the motivation and learning outcomes of 4th-grade students at SDN 060857 Medan Tembung.

Referensi

Armini, N. K. (2024). Evaluasi Metode Penilaian Perkembangan Siswa dan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 98–112. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.2990

Azmi, M. N., Mansur, H., & Utama, A. H. (2024). Potensi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digita. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 211–226. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Fayrus, M., & Slamet, R. (2022). Penelitian dan Pengembangan Model 4D. Surabaya: Citra Pustaka.

Nurrita, T. (2018). Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Diterbitkan

2025-09-21

Cara Mengutip

Sipahutar, F., Lidia Simanihuruk, Zainuddin, Z., Ananda, L. J., & Afriadi, P. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ASSEMBLR EDU PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 060857 MEDAN TEMBUNG. Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar, 3(1), 01–07. https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i1.64903

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.