PERAN PEMBELAJARAN STATISTIK DALAM PENGEMBANGAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i2.70130Kata Kunci:
Pembelajaran Statistik, Literasi Numerasi, Sekolah DasarAbstrak
Kurangnya pemahaman konsep dasar statistika sejak dini berkontribusi pada rendahnya literasi numerasi siswa Sekolah Dasar (SD), padahal kemampuan ini esensial untuk pengambilan keputusan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran signifikan pembelajaran statistik yang terintegrasi dalam kurikulum SD, khususnya dalam kemampuan siswa menafsirkan data, mengidentifikasi tren, dan membuat kesimpulan berbasis bukti. Penelitian menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain pre-test dan post-test pada kelompok intervensi (menerima pembelajaran statistik berbasis proyek) dan kelompok kontrol (pembelajaran matematika konvensional) yang melibatkan 80 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor literasi numerasi yang jauh lebih tinggi dan signifikan secara statistik pada kelompok intervensi (p<0.01). Secara deskriptif, kelompok intervensi mencapai rata-rata peningkatan (Gain Score) sebesar 82.32% (kategori Tinggi), kontras dengan kelompok kontrol yang hanya mencapai 31.78% (kategori Rendah). Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran statistik yang terstruktur dan kontekstual berperan penting dan efektif sebagai alat untuk mengembangkan kompetensi literasi numerasi siswa SD, memperkuat kemampuan penalaran kuantitatif, dan meletakkan dasar pemikiran berbasis data yang kuat.Referensi
Alman, A., Herman, T., Prabawanto, S., & Kurino, Y. D. (2023). Literasi statistik dalam pembelajaran matematika SD melalui kurikulum 2013. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1454–1466.
Hayati, R., Pratiwi, U., Hasan, H., & Pujiastuti, H. (2024). Pengembangan modul ajar statistika berbasis Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1763-1775.
Kurniawan, H., Mulyadi, A., & Sumarmo, U. (2020). Peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa melalui pendekatan kontekstual pada materi statistika. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 78–89.
Lestari, W., & Yulianti, K. (2021). Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 150–160.
Setiawan, E. P. (2021). Literasi statistika dalam kurikulum matematika sekolah dasar (SD) 2004-2020: Tinjauan historis dan pengembangannya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 1–20.
Kemendikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Mertler, C. A. (2019). Introduction to Educational Research: A Beginner’s Guide to Action Research. SAGE Publications.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Global Education and Learning. Paris: OECD Publishing. (Diperlukan untuk mendukung urgensi masalah literasi numerasi).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Alman, A., Herman, T., Prabawanto, S., & Kurino, Y. D. (2023). Literasi statistik dalam pembelajaran matematika SD melalui kurikulum 2013. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1454–1466.
Hayati, R., Pratiwi, U., Hasan, H., & Pujiastuti, H. (2024). Pengembangan modul ajar statistika berbasis Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1763-1775.
Kurniawan, H., Mulyadi, A., & Sumarmo, U. (2020). Peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa melalui pendekatan kontekstual pada materi statistika. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 78–89.
Lestari, W., & Yulianti, K. (2021). Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 150–160.
Setiawan, E. P. (2021). Literasi statistika dalam kurikulum matematika sekolah dasar (SD) 2004-2020: Tinjauan historis dan pengembangannya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 1–20.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jefri Habibiy Nasution, Hanif Luthfi Siregar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



