PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SAINTIFIK BERBANTUAN PROGRAM ALGODOO PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriliyanti, W., & Madlazim. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berorientasi Kurikulum 2013 Pada Materi Lempeng Tektonik Untuk Melatihkan Kemampuan Melaksanakan Eeksperimen Dengan Menggunakan Laboratorium Virtual Bagi Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 04(02).
Budiyono, A., & Hartini, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141–149.
https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas.
Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2017).
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN AMRITA VIRTUAL LAB UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SUBMATERI EFEK DOPPLER Ritmayanti, Zainul Arifin Imam Supardi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 06(03).
Handayani, L., & Khanafiyah, S. (2014). Unnes Physics Education Journal PENERAPAN QUESTION BASED DISCOVERY LEARNING PADA KEGIATAN LABORATORIUM FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPIULAN PROSES SAINS A Syafi’i. Upej, 3(2).
Harlen, Wynne. & Elstgeest, J. (1992). A workshop approach to teacher Education. Printed in France.
Karamustafaoğlu, S. (2011). Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams. International Journal of Physics & Chemistry Education, 3(1), 26–38. https://doi.org/10.51724/ijpce.v3i1.99
Marnita. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Mahasiswa Semester I Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1).
Nismalasari, Santiani, & Rohmadi, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. EduSains, 4(2), 74–94.
Putra, A. H. I., Widoretno, S., & Prayitno, B. A. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Sains (Kps) Dasar Siswa Melalui Penerapan Model Learning Cycle 5E Di Kelas Viii G Smp Negeri 22 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 Increasing. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(1).
Salamah, U., & Mursal. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1).
Sinuraya, J., Wahyuni, I., & Panggabean, D. D. (2016). Relationship Analysis Icare-Oriented Students Worksheet Development With Learning Styles To Improve Learning Outcomes. Advances In Social Sciences Research Journal, 5(9), 324–331.
Siradjuddin, S., Rosdianto, H., & Sulistri, E. (2018). Penerapan model REACT untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi arus listrik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(1).
https://doi.org/10.25273/jpfk.v4i1.2011
Suliman, Sarwanto, & Suparmi. (2017). Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Inkuiri, 6(1).
Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP - UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. In Pt. Imtima.
Yuliani, H., Sunarno, W., & Suparmi. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis. Jurnal Inkuiri, 1(3).
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.43907
Article Metrics
Abstract view : 212 timesPDF - 213 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurubahasa Sinuraya, Yeyen Widianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.