ANALISIS HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA MENGGUNAKAN VISUALISASI DIAGRAM LINGKARAN

Penulis

  • Adita Hervani Br Barus Prodi Pendidikan Guru Sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Annisa Aprilia Universitas Negeri Medan
  • Sri Dina Br Purba Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i2.69502

Kata Kunci:

Motivasi belajar, prestasi akademik, visualisasi diagram lingkaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan prestasi akademik siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket motivasi belajar serta data prestasi akademik siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara motivasi belajar dan prestasi akademik, di mana siswa dengan motivasi belajar tinggi cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan siswa dengan motivasi rendah. Visualisasi data menggunakan diagram lingkaran menunjukkan distribusi motivasi belajar dan prestasi akademik siswa secara jelas, memperlihatkan proporsi yang signifikan antara tingkat motivasi dengan capaian akademik. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pendidik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran yang mendorong minat, rasa ingin tahu, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Dengan demikian, peningkatan motivasi belajar dapat dijadikan salah satu strategi efektif untuk meningkatkan prestasi akademik siswa secara keseluruhan.

Referensi

Annisa, A. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah. Al Ittizan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam.

Astuti, E. R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah.

Bagaskoro, et all. (2023). Perkembangan Hukum Pidana Di Indonesia. Banten: Sada Kurnia Pustaka.

Donald Ary. Et al. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982. Erman Suherman, dkk, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer Bandung: Jica, 2003.

Ibnu Hadjar, Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.

Kurniawati, E. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SDN. Jurnal Pendidikan.

Pratiwi, N. W. D. (2018). Hubungan Motivasi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Gugus 1 Kuta Selatan. International Journal of Elementary Education.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2010). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Pearson Education.

Sitorus, M. C. S. (2025). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di SDN 101786 Medan Helvetia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Unduhan

Diterbitkan

11/26/2024

Cara Mengutip

Barus, A. H. B., Annisa Aprilia, & Sri Dina Br Purba. (2024). ANALISIS HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA MENGGUNAKAN VISUALISASI DIAGRAM LINGKARAN. Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i2.69502

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.