Cover Image

PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATERI GETARAN HARMONIS

Muftah Sharah, Desy Hanisa Putri, Rosane Medriatri

Abstract


Salah satu upaya meningkatkan penguasaan konsep siswa, yaitu digunakannya media pembelajaran yang baik dan benar serta menarik, contohnya multimedia interaktif. Multimedia interaktif ini perlu diterapakan dengan model pembelajaran yang baik, contohnya, Problem Based Learning. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan dan perbedaan peguasaan konsep siswa dengan menggunakan multimedia interaktif pada model Problem Based Learning pada materi getaran harmonis di SMAN 1 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan bentuk desain One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian menggunakan soal test penguasaan konsep berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Analisis data menggunakan perhitungan n-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan konsep berdasarkan perhitungan n-gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Uji paired sample t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan nilai 0,00 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif pada model Problem Based Learning dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Keywords


Multimedia interaktif, Problem Based Learning Penguasaan konsep

Full Text:

PDF

References


Aini, Nur Rohmatul. 2020. “Sejarah Perkembangan Fisika (Kuantum) Dari Klasik Hingga Modern” 4 (3): 57–71. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17085.08160.

Anderson, Lorin W, and David R Krathwohl. 2015. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Pusaka Pelajar.

Deni, E. 2022. “Pemanfaatan Multimedia Interaktif Konsep Usaha Dalam Pelajaran Fisika Berbasis IT.” Pemanfaatan Multimedia Interaktif …, no. 3: 215–26. http://eprints.binadarma.ac.id/11243/%0Ahttp://eprints.binadarma.ac.id/11243/1/05 PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KONSEP USAHA DALAM PELAJARAN FISIKA BERBASIS IT 1.pdf.

Djamas, Djusmaini, Vonny Tinedi, and Yohandri. 2018. “Development of Interactive Multimedia Learning Materials for Improving Critical Thinking Skills.” International Journal of Information and Communication Technology Education 14 (4): 66–84. https://doi.org/10.4018/IJICTE.2018100105.

Fatimatuzzohrah, Siti, A Wahab Jufri, and I Wayan Mertha. 2020. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA.” Jurnal Pijar Mipa 15 (4): 351–56. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1653.

Hermansyah, Gunawan, and Herayanti Lovy. 2015. “Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi I (2): 2407–6902.

Husein, Sadam, Lovy Herayanti, and Gunawan Gunawan. 2017. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 1 (3): 221–25. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262.

Indriani, Sri Made, Wayan I Artika, and Wahyu Ratih Dwi Ningtias. 2021. “Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 11 (1): 25–36.

Istiqlal, Muhammad. 2017. “Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika.” JIPMat 2 (1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480.

Juliani, Hesti, Iwan Setiawan, and Desy Hanisa Putri. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Crocodile Physic Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Materi Usaha Dan Energi Di SMAN 1 Bengkulu Tengah.” Jurnal Kumparan Fisika 4 (2): 85–92. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.85-92.

Muslim, I., A. Halim, and R. Safitri. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Sma Negeri Unggul Harapan Persada.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) 3 (2): 35–50.

Muslim, Ikhwanul, A Halim, and Rini Safitri. 2015. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI UNGGUL HARAPAN PERSADA.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 03 (02): 35–50.

Nuraini, Lailatul, and Bambang Supriadi. 2018. “Analisis Pemanfataan Multimedia Terhadap Penguasaan Konsep Reaksi Nuklir Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Inti.” Saintifika 20 (2): 22–31.

Nurrohma, Risza Ivadliatu, and Gde Agus Yudha Prawira Adistana. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo Pada Mekanika Teknik.” Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (4): 1199–1209.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zetriuslita, Zetriuslita, and Alzaber Alzaber. 2020. “Model Model Pembelajaran Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 (Pelatihan Untuk Guru-Guru SMP Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar).” Community Education Engagement Journal 2 (1): 30–37.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.36194

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 338 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Muftah Sharah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.