PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA T.A. 2023/2024

Lusni Meliana Malau, Arifin Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual tipe giving question and getting answer terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A. 2023/2024 dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual tipe giving question and getting answer di SDN 101765 Bandar Setia T.A. 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre eksperimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda dan observasi untuk mendapatkan hasil dan aktivitas belajar siswa yang sebelumnya sudah diujicobakan untuk mengetahui validitas dan realibilitas tes. Instrumen ini diberikan sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual tipe giving question and getting answer. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Paired Sample t Test dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,05 dan thitung = 8,24. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis maka diketahui thitung > ttabel yaitu 8,24 > 2,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kontekstual tipe giving question and getting answer terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A. 2023/2024.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.