PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI BERBASIS APLIKASI ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 105289 KOLAM T.A 2023/2024.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif animasi berbasis aplikasi Adobe Flash terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 105289 Kolam. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis Pre Experimental bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V dengan sampel seluruh siswa kelas V-A SD Negeri 105289 Kolam yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi, dimana bentuk tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal untuk digunakan pada pre-test dan post-test. Hasil yang diperoleh dari perhitungan Pretest memperoleh nilai rata-rata sebesar 41,66 dan hasil Posttest dengan nilai rata-rata sebesar 81,66. Untuk uji prasyarat menggunakan Uji Paired Sample t -test dengan bantuan program SPSS 25. Hasil perhitungan uji-t dengan syarat taraf sig.(2- tailed) < α = 0,05 maka diperoleh nilai sig.(2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji-t maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media interaktif animasi berbasis aplikasi Adobe Flash terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 105289 Kolam T.A 2023/2024.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 9 timesPDF - 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.