Analysis of the Effectiveness of Using Concrete Media in Introducing Statistical Concepts in Elementary Schools

Penulis

  • Sry Ninta Sebayang Pendidikan Sekolah dasar, Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Adena Siregar Pendidikan Sekolah dasar, Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Theresia Agustine Tuka Pendidikan Sekolah dasar, Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i3.69287

Kata Kunci:

Pendidikan dasar, inovasi pembelajaran, konsep statistik, media konkret, efektivitas pembelajaran

Abstrak

Studi ini melihat seberapa efektif penggunaan media konkret untuk mengajarkan siswa sekolah dasar konsep statistik.  Pentingnya media pembelajaran kreatif terletak pada kesulitan siswa dalam memahami konsep statistik yang abstrak.  Metode quasi eksperimen menggunakan desain pre-test dan post-test control group. Ini melibatkan kelompok eksperimen dengan media konkret, seperti benda nyata, kartu data, dan alat peraga, serta kelompok kontrol dengan metode konvensional.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan metode tradisional, media konkret secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep statistik, motivasi, dan aktivitas belajar.  Singkatnya, media konkret berfungsi sebagai metode pembelajaran kreatif yang membantu siswa menghubungkan konsep abstrak dengan pengalaman nyata. Ini mendukung pencapaian siswa dalam pembelajaran matematika sejak dini.

Referensi

Aras, M., Nur, R., & Wahyuni, S. (2021). Penggunaan media konkret dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 112–123.

Fitriana, D., Amaliyah, N., & Unaenah, E. (2023). Pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 45–56.

Lisnasari, R. (2024). Peningkatan kemampuan numerasi siswa melalui media konkret pada pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia Pendidikan Matematika, 8(1), 74–91.

Saila, A., Rahmawati, N., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh media pembelajaran terhadap pemahaman bilangan bulat di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 101–109.

Ali, H., & Purwandi, L. (2017). Millennial Nusantara, Pahami Karakter, Rebut Simpatinya. Gramedia Pustaka Utama.

Apiek, dkk. (2022). The Concept of Sekolah Penggerak Digital Paradigm in Supporting Profil Pelajar Pancasila. Proceedings of the 4th International Conference on Innovation in Education, Science and Culture, ICIESC, 1–5.

Aras, M., Nur, R., & Wahyuni, S. (2021). Penggunaan media konkret dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 112–123.

Diterbitkan

12/14/2025

Cara Mengutip

Sebayang, S. N., Adena Siregar, & Theresia Agustine Tuka. (2025). Analysis of the Effectiveness of Using Concrete Media in Introducing Statistical Concepts in Elementary Schools. Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar, 2(3). https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i3.69287

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.