THE EFFECT OF KOOPERATIF LEARNING MODEL TYPE GROUP INVESTIGATION AND FIRST CONCEPT UNDERSTANDING TO SCIENCE PROCESS SKILL OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Delismar. 2013. Peningkatan Kreativitas dan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Model Group Investigation. Jurnal Edu-Sains Vol.1 No. 2.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi, I. M., Arif, H., & Sentot, K. 2013. Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika
Indonesia Vol. 9 Hal. 8-17ISSN1693-1246.
Gega, P. C. 1994. How To Teach Elementary School Science. New York: Macmillan Publishing Company.
Giyato. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. http://m.suaramerdeka.com. Diakses pada 28 Desember 2013.
Jacobsen, D. A., Eggen, P., & Kauchak, D. 2009. Methods for Teaching Edisi kedelapan. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Mitchell, M., et.all. 2008. Group Investigation as a Cooperative Learning Strategy: An Integrated Analysis of the Literature. The
Alberta Journal of Educational Research Volume 54 No. 4 Hal 388-395.
Joyce, B., Weil, M., Calhoun, E. 2011. Models of Teaching, (edisi kedelapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Panggabean, D.D,. 2012. Analisis Pemahaman Konsep Awal dan Kemampuan Berpikir Kritis Bidang Studi Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Advance Organizer dan Model Pembelajaran
Direct Instruction. Jurnal Online Pendidikan Fisika Vol. 1 No. 2 ISSN 2301-7651.
Panjaitan, M. 2013. Analsisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Grup Investigasi dan Model Pembelajaran
Langsung. Medan: Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Primarinda. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri
Surakarta Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 4 Nomor 2 Hal. 6071.
Rizal, M,. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Vol. 2 No. 3 Hal 159-165.
Rustaman, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.
Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Ulfa, A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Koloid di SMA. Pontianak:FMIPA Universitas Tanjungpura.
Wiranata, I., Sadia, I & Suma, K. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Sains Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3.
DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v5i1.3707
Article Metrics
Abstract view : 725 timesPDF - 464 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.