Cover Image

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON

Prapti Ningsih, Nurdin Bukit

Abstract


Penggunaan media Google Sites merupakan salah satu media alternatif yang digunakan pada masa covid-19. Google sites dapat digunakan untuk masa pembelajaran daring ataupun luring. Dengan media ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengulang pembelajaran dirumah. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Google Sites terhadap hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuasi eksperiment dengan Desain pre eksperimental Design atau penelitian semu dengan menggunakan satu kelas eksperiment tanpa kelas kontrol. Jenis penelitian kuantitatif dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 10 butir soal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Newton Kelas X MAS PAB 1 Sampali dengan rata-rata nilai pre-test diperoleh 48,33. Sedangkan untuk nilai postest diperoleh rata-rata 82,67. Pembelajaran dengan menggunakan media Google Sites memberikan keuntungan baik pada sampel penelitian karena dapat diakses dengan menggunakan website tanpa harus mendownload aplikasi sehingga dapat menghemat kuota yang ada.

Keywords


Website, Media Google Sites, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A., Putri, W., Syahdilla, M. I., Info, A., & Law, N. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE GOOGLE SITES PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMA ISLAM AL-HIDAYAH. 16(2), 80–85.

Agus Lila Wati, Nurdin, B. (2019). EFEK MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN POCKET BOOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA. 5(4), 5–10.

Apriana., Bukit, N. (2019). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V SD Negeri 101777 Saentis. Jurnal Tematik, 9(1), 1–7.

Ardiansyah., Bukit, N. (2019). EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Society, 2(1), 1–19.

http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Arlen, S. R., Astuti, I. A. D., Fatahillah, F., & Purwanti, P. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Appypie Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMK. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(1), 44–49. https://doi.org/10.30998/sch.v1i1.3073

Chusni, Muhammad Minan, dan kawan kawan. (2017). APPY PIE UNTUK EDUKASI_Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android. http://digilib.uinsgd.ac.id/21839/

Desy Efriliyani, Nurdin, B. (2020). EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN SIMULASI PhET TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA. 6(1), 1–9.

Dwi Ariyani, R. (2017). Model Pembelajaran Guided Discovery (GD) Disertai Media Audiovisual Dalam Pembelajaran IPA (Fisika) Di SMP. Universitas Jember.

Jannah, A. R., Rahmawati, I., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku. Jurnal Pendidikan PGSD, 8(3), 342–350.

Japrizal, J., & Irfan, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Covid-19Di Smk Negeri 6 Bungo. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1(3), 38–44. https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.33

Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 21–27. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp21-27

Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 61–65. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/28346

Nyoto Kurniawan, R. sanjaya. (2017). Google Sites (PT.Elex Me).

Pembelajaran abad 21. (n.d.). http://primaindisoft.com/blog/apa-itu-4c-dalam-pembelajaran-abad-ke-21/#.YVvoc5pBzIV

Pubian, Y. M. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam. 163–172.

Putri, A. K., & Bukit, N. (2020). Efek Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Pangkalan Susu. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(2), 30–35.

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Sinaga, R. dan N. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Multirepresentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Palipi TP. 2018/2019. Inovasi Pembelajaran Fisika, 9(1), 76–82.

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758

Tafonao, F. (2022). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGATERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIA SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022 Oleh. 5, 21–32.

Utami, N. W., Juliana, I. G., & Putra, E. (2022). Optimalisasi Media Pembelajaran Inovatif Dalam Rangka Revolusi

Pendidikan 4 . 0 Bagi Guru di SMAN 1 Gianyar. Jurnal Karya Abadi Masyarakat Universitas Jambi, 6, 212–218.

Wijayanti, N. K. A., Wulandari, I., & ... (2022). E-Modul Literasi Berbasis Cerita Rakyat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI. Jurnal Pedagogi Dan …, 5(1), 75–84. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/46354




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.36669

Article Metrics

Abstract view : 1049 times
PDF - 880 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Prapti Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.