PENGARUH MODEL WHOLE LANGUAGE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA
Abstrak
Rendahnya kemampuan membaca pemahaman bahasa Indonesisa berdampak pada kemampuan memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model whole language terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman bahasa Indonesia kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah. Penelitaian ini menggunakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian quasi experimental, bentuknya nonequivalent control group design. Sampel penelitian yaitu seluruh kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah berjumlah 38 siswa dengan kelas eksperimen (IV-A) sebanyak 18 orang dan kelas kontrol (IV-B) sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal. Teknik analisis data digunakan secara statistic melalui uji t-test yaitu uji t untuk dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model whole language berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah. Secara deskriptif nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 72,8 lebih kecil dari nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 80,67. Selanjutnya hasil uji hipotesis uji t diperoleh thitung > ttabel atau 4,0181 > 2,0280 dengan taraf α=5% yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian secara statistik dinyatakan bahwa model whole language berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman bahasa Indonesia di kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah T.A. 2023/2024 dengan tingkat kepercayaan 95%.Unduhan
Diterbitkan
2024-05-31
Cara Mengutip
Sirait, L. S., Simanjuntak, S., Siregar, A., Simanungkalit, E., & Ambarita, D. F. P. (2024). PENGARUH MODEL WHOLE LANGUAGE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 1(3). Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jisd/article/view/58423
Terbitan
Bagian
Articles